KETAHUILAH WAHAI SAUDARAKU SEIMAN SEDARAH DAN SENASIB SEPERJUANGAN MENCARI RIDHO ALLAH, SESUNGGUHNYA MANUSIA TIADA SIA-SIA USAHANYA JIKA DINIATKAN DALAM BEKERJANYA UNTUK MENCARI RIDHO ALLAH DAN BERPRINSIP DENGAN BISMILLAH

Senin, 11 Juli 2011

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Standar Kompetensi
a. Memahami Sejarah Kebudayaan Islam
B. Kompetensi Dasar.
a. Menjelaskan pengertian kebudayaan islam.
b. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan islam.
c. Mengidentifikasi bentuk/ wujud kebudayaan islam.
C. Indikator.
a. Menjelaskan pengertian kebudayaan islam.
b. Menunjukkan contoh kebudayaan islam.
c. Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan islam.
d. Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan islam.
e. Menyebutkan contoh bentuk/ wujud kebudayaan islam.
f. Membandingkan bentuk/ wujud kebudayaan islam dan non islam.
D. Materi pembelajaran.
a. Pengertian tentang sejarah, dan sejarah kebudayaan islam.
b. Penjelasan tentang manfaat dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan islam, diantaranya adalah sebagai jembatan antara masa sekarang dan masa lalu.
c. Bentuk/ wujud dari kebudayaan islam untuk bisa diidentifikasikannya.
E. Metode pembelajaran.
a. Menggunakan metode tanya jawab, diskusi, dan didukung dengan Menjelaskan materi pembelajaran oleh guru dengan media power point.
F. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
a. Pendahuluan
i. Pembukaan pelajaran dengan bacaan basmalah.
ii. Apersepsi tentang materi yang akan dipelajari
iii. Penyampaian manfaat dan tujuan tentang pembelajaran yang akan dipelajari.

b. Kegiatan inti
i. Guru menjelaskan materi tentang pengertian sejarah kebudayaan islam dengan media power point.
ii. Dengan metode tanya jawab, guru mengajak siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
iii. Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru untuk mengidentifikasi bentuk/ wujud kebudayaan islam.
c. Penutup.
i. Guru merefleksikan materi yang sudah dipelajari.
ii. Guru memberikan tugas dirumah kepada siswa.
G. Alat dan bahan.
a. Alat: multimedia power point.
b. Sumber belajar: Buku SKI Depag. Dan buku-buku yang relevan.
H. Penilaian.
a. Tekhnik/ jenis: soal dan tugas individu.
b. Bentuk instrumen: pertanyaan tertulis dan tes lisan.
c. Instrumen soal:
i. Jelaskan pengertian dari sejarah?
ii. Apa pengertian dari sejarah kebudayaan islam?
iii. Apa manfaat dari mempelajari sejarah kebudayaan islam?
iv. ...
Perhitungan nilai akhir.
Nilai maksimal : 100
Nilai tiap item : 10
Nilai akhir : Jumlah jawaban betul x jumlah soal.

Salatiga, 26 Mei 2011

Mengetahui
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran

Anwar Said, M. Ag. Syaifur Rohman
NIP. NIP.

Tidak ada komentar: