KETAHUILAH WAHAI SAUDARAKU SEIMAN SEDARAH DAN SENASIB SEPERJUANGAN MENCARI RIDHO ALLAH, SESUNGGUHNYA MANUSIA TIADA SIA-SIA USAHANYA JIKA DINIATKAN DALAM BEKERJANYA UNTUK MENCARI RIDHO ALLAH DAN BERPRINSIP DENGAN BISMILLAH

Selasa, 15 Juni 2010

STRATEGI PEMBELAJARAN

EKSPOSITORI Strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud siswa dapat menguasai materi
prosedur
1. Persiapan
2. Penyajian
3. Menghubungkan
4. Menyimpulkan
5. Penerapan
keunggulan
1. Guru bisa mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran.
2. Guru mampu mengetahui sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang disampaikan.
3. Siswa mudah mendapat materi.
kelemahan
1. Siswa kurang mandiri dan kreatifitas siswa berkurang.
2. Siswa mudah jenuh dan ngantuk.
3. Memerlukan konsentrasi siswa.
4. Keberhasilan dan kelengkapan materi bergantung pada guru.
INKUIRI Strategi pembelajaran yang menekankan pada proses belajar secara kritis, analisis untuk menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah ysng dipertanyakan.
prosedur
1. Orientasi
2. Merumuskan masalah.
3. Mengajukan hipotesis.
4. Mengumpulkan data.
5. Menguji hipotesis.
6. Merumuskan kesimpulan.
keunggulan
1. Menekankan pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
2. Memberi ruang siswa untuk menentukan gaya belajar sendiri.
3. Sesuai psikologi belajar modern.
4. Melayyyani kebutttuhan siswa yang memiliki kemampuan.
kelemahan
1. Sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
2. Siswa yang merencanakan kegiatan.
3. Memerlukan waktu yang lama/ panjang.
4. Sulit diimplementasikan. Karena kriteria keberhasilan belajar ditentukan kemampuan siswa menguasai materi.
KOOPERATIF Rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan secara berkelompok oleh siswa untuk mencapai tujuan pendidikan/ pembelajaran.
prosedur
1. Penjelasan materi.
2. Belajar kelompok.
3. Penilaian.
4. Pengakuan tim.
keunggulan
1. Siswa tidak bergantung kepada guru.
2. Siswa mampu mengungkapkan gagasan dan idenya.
3. Penilaian berdasarkan kelompok.
4. Melatih siswa untuk respek terhadap orang lain dan tanggung jawab serta kemampuan akademik dan sosial.
kelemahan
1. Memerlukan waktu panjang.
2. Sulit untuk menyeimbangkan kemampuan kelompok dan indivudu.
3. Untuk siswa yang memiliki kelebihan merasa terhambat oleh siswa yang kurang memiliki kelebihan.
4. Siswa yang tidak mempunyai/ kurang sosialisasi akan mengalami kesulitan.

CTL Strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk menerapkan dalam kehidupan mereka.
prosedur
1. Pendahuluan.
2. Inti.
3. Penutup.
keunggulan
1. Siswa aktif.
2. Siswa mampu berfikir kritis.
3. Siswa dapat menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata.
kelemahan
1. Siswa yang kurang PD sulit berkembang.

Tidak ada komentar: